Mempromosikan bisnis online melalui media sosial
merupakan salah satu cara termudah dan termurah untuk meningkatkan popularitas
brand pada bisnis yang Anda jalankan.
Namun sayangnya masih banyak pebisnis yang belum
mengetahui bagaimana cara memanfaatkan media sosial dengan maksimal, hal ini
sangat disayangkan, mengingat jumlah pengguna media sosial di Indonesia yang
begitu besar, bahkan termasuk dalam salah satu negara dengan jumlah pengguna
media sosial terbanyak di Dunia.
Dari data Global Web Index diatas bisa kita
simpulkan bahwa jumlah pengguna media sosial di Indonesia merupakan yang
terbesar (dengan catatan negara china tidak diikut sertakan dalam survei).
Besarnya jumlah pengguna media sosial di
Indonesia tentunya dapat menjadi saran promosi terbaik bagi para pebisnis yang
ingin meningkatkan omset bisnis online mereka. Melalui artikel inilah saya akan mencoba
memberikan tips memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan bisnis yang baik
dan benar.
1 Tambahkan Tagar
/ Hashtag di Tiap Postingan
Hampir di setiap media sosial kini sudah
dilengkapi dengan fitur tagar atau lebih kita kenal dengan istilah hashtag.
Penting bagi Anda mengetahui hal ini, karena sebagian besar pengguna media
sosial akan memanfaatkan fitur hastag untuk mencari berbagai hal.
Penggunaan hastag juga ada aturannya, jangan
sampai Anda menambahkan hastag yang tidak memiliki kaitan dengan produk / jasa
yang Anda tawarkan, karena itu hanya akan mengurangi kredibilitas bisnis Anda.
2 Manfaatkan
FanPage Sebagai Sarana Promosi Bisnis di Facebook
Facebook page atau fanpage facebook merupakan
sarana yang disediakan oleh Facebook bagi para pemilik bisnis. Hal ini bisa
dilihat dari berbagai fitur yang ada di fanpage seperti :
- Auto Scedule (menjadwalkan post)
- Pinning a Post (menyematkan post)
- Check in (fitur mendaftarkan diri)
- Rating (fitur memberikan penilaian)
Dan masih banyak fitur lain, intinya facebook
fanpage memang disediakan untuk para pebisnis, jadi manfaatkan fitur tersebut
secara maksimal.
Melihat begitu banyak fitur yang terdapat pada
fanpage facebook, tentunya akan membuat siapa saja tertarik untuk membuat
fanpage di Facebook. Dan bagi Anda yang belum tahu atau masih bingung bagaimana
cara membuatnya, silahkan pelajari artikelnya disini Cara Membuat Facebook Fanpage.
3 Pertimbangkan
Untuk Membuat Akun LinkedIn
LinkedIn mungkin tidak sepopuler media sosial
lain seperti Twitter atau Facebook, karena konten dari LinkedIn lebih
diperuntukan untuk bisnis, baik itu perorangan maupun perusahaan.
Dengan membuat akun di LinkedIn, secara tidak
langsung akan mencerminkan bahwa bisnis yang Anda jalankan bukanlah bisnis
main-main, jadi orang tak akan segan untuk memulai bisnis dengan Anda.
Jika Anda tertarik utnuk belajar cara membuat akun di LinkedIn, silahkan baca tutorial lengkapnya disini http://berguruseo.blogspot.com/2014/11/cara-membuat-dan-menggunakan-linkedin.html.
4 Gunakan YouTube
Sebagai Media Promosi Yang Menarik
Cara paling mudah mendapatkan atensi para calon
pelangga adalah dengan cara membuat konten yang menarik dan video merupakan
salah satu contoh media yang cukup interktif, karena kita bisa menggabungkan
teks, audio serta visual.
Selanjutnya, video yang telah dibuat bisa Anda
upload di berbagai situs media sosial, baik itu Facebook, Twitter maupun
YouTube, namun tentu saja saya sangat menyarankan untuk menguploadnya ke
YouTube terlebih dahulu dna barulah membagikannya di Facebook / Twitter.
Untuk Anda yang belum begitu familiar dengan
YouTube, berikut saya berikan penjelasan singkat bagaimana cara mengupload video ke YouTube.
- Buka https://www.youtube.com/
- Login ke akun YouTube Anda (buat akun YouTube)
- Cari dan klik tombol Upload
- Pilih file video yang akan di upload
Selanjutnya Anda hanya perlu menunggu hingga
file terupload 100%, sembari menunggu Anda bisa mengisi deskripsi atau
menambahkan tag yang berkaitan dengan video yang Anda upload.
5 Tingkatkan
Visibilitas Bisnis Anda Dengan Twitter
Bagi Anda yang sudah paham betul bagaimana cara menggunakan twitter pastilah mengetahui bahwa aktifitas yang
dilakukan oleh pengguna twitter (entah itu retweet ataupun melakukan reply)
akan terlihat pada timeline atau dengan kata lain akan terlihat secara publik.
Dari aktifitas itulah bisa disimpulkan bahwa
Twitter memiliki peran besar dalam meningkatkan visibilitasbisnis online Anda, jadi
usahakan untuk menuliskan segala kegiatan pada bisnis Anda seperti promosi
produk, kuis dan diskon melalaui twitter agar diretweet oleh para pengguna
twitter dan jika belum punya akun twitter silahkan baca cara membuat Twitter.
6 Maksimalkan
Kepuasan Pelanggan Dengan Layanan Fast Response
Kecepatan dalam membalas setiap pertanyaan yang
masuk akan menjadi nilai tambah tersendiri. Jadi pastikan Anda selalu siap,
karena pertanyaan maupun komplain dari pelanggan bisa datang kapan saja
mengingat mudahnya mereka dalam mengirim pesan melalui internet.
Memiliki pelayanan yang cepat juga akan
meningkatkan kredibilitas bisnis Anda. Namun juga harus diimbangi dengan
pelayanan yang ramah saat berkomunikasi dengan pelanggan, hal ini penting untuk
mendapatkan loyalitas dari pelanggan.
7 Analisa
Jangkauan Untuk Mengukur Tingkat Keberhasilan
Untuk mengukur tingkat keberhasilan promosi yang
dilakukan, kita bisa menggunakan analytic atau bagi pengguna facebook mungkin
Anda sudah tidak asing dengan fitur page insight, ya fitur ini sangat
bermanfaat karena berisi informasi akurat mengenai demografi para calon
pelanggan.
Cara cenggunakan page insight di Facebook
tidaklah susah, karena fitur ini akan terpasang secara otomatis, jadi kita
tidak perlu melakukan settingan apapun dan untuk melihatnya cukup klik pada tab
Insight yang ada pada menu Fanpage.
Sistem pemasaran online dengan menggunakan situs jejaring sosial sebagai media promosi online memiliki
tidak selamanya bekerja secara efektif, dimana seperti kita tahu bahwa kunci sukes bisnis tergantung
daricara memasarkan produk serta bagaimana inovasi Anda dalam mengembangkan
bisnis tersebut.
Artikel keren lainnya: